Sabtu, 12 Mei 2012

Pantai Balekambang, Tanah Lot Ala Malang

pantai balekambang
Pemandangan Pura di atas batu karang yang besar memang sudah identik dengan Tanah Lot. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Bali, pemandangan yang hampir mirip bisa Anda temukan di Malang, Jawa Timur.
Pantai dengan pemandangan cantik seperti Pura Tanah Lot tersebut berada di Pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Kecamatan Bantur, kurang lebih 65 km sebelah selatan Kota Malang, Jawa Timur.
Di pantai yang menjadi andalan wisata Kota Malang ini memang memiliki pemandangan yang sangat cantik. Terdapat tiga batu karang yang besar di lepas Pantai Balekambang. Batu karang tersebut ternyata disebut oleh masyarakat setempat sebagai pulau, yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo.

Di antara tiga pulau batu karang tersebut, Pulau Ismoyo yang paling terkenal. Di sana terdapat Pura yang megah. Pulau ini dihubungkan oleh jembatan dengan lebar 1,5 meter.
Pemandangan dari pulau ini sangat indah. Dari sini kita bisa menikmati keindahan pantai dari sudut yang berbeda. Saat sore hari, sunset merupakan pemandangan favorit di pulau ini.
Selain dari Pulau Ismoyo, sunset ternyata juga bisa dinikmati dari tepi pantai. Pemandangan cantik siluet Pura saat terbenamnya matahari menjadi bidikan favorit para fotografer.
Bukan Balekambang namanya jika tidak spesial. Sebagai pantai di selatan Pulau Jawa, sudah pasti pantai ini memiliki ombak yang cukup deras. Banyak wisatawan penggemar olahraga selancar yang ingin menaklukan ombak di Pantai Balekambang.
Pemandangan pantai tidak hanya sampai di situ. Pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang jernih menambah daya tarik pantai. Walaupun sudah banyak pengunjung yang datang, pantai masih terlihat bersih dan terawat.
Nah, jika beruntung, Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang. Pemandangan tersebut bisa Anda saksikan saat air laut sedang surut.
Pantai Balekambang memang cocok jika disandang sebagai tempat wisata favorit di Malang. Fasilitas penunjang pantai telah tersedia di sini, seperti tempat parkir, kios cindera mata, rumah makan, toilet, kantor informasi, bungalow, kolam renang dan bumi kemah Pramuka, mushola, serta pendopo.
Foto-foto :
pantai balekambang

pantai balekambang

pantai balekambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar